RPP IPA Kelas 4 SD Semester 1 KTSP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN TENJONAGARA 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)
1)
Standar Kompetensi
3.1.
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Memahami
hubungan sesama makluk hidup dan antara makluk hidup dengan lingkungan.
2)
Kompetensi Dasar
3.2.
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan
“makan
dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).
3)
Indikator
§ Mengidentifikasi
makanan hewan yang dikenal dilingkungannya
§ Menggolongkan
hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannya
§ Mengetahui
rantai makanan.
§ Memahami
hubungan antar makluk hidup pada rantai makanan.
§ Membuat
garis hubung yang tepat anatar makluk hidup (produsen, konsumen 1, konsomen 2,
dst) pada rantai makanan.
4)
Tujuan Pembelajaran
§ Melalui
media gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi makanan hewan yang dikenal
dilingkungannya.
§ siswa
dapat menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora),
pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
§ Siswa
mampu mengetahui rantai makanan.
§ Siswa
mampu memahami hubungan antar makhluk hidup pada rantai makanan.
§ Siswa
menentukan produsen, konsumen 1, konsumen 2, dst) pada rantai makanan.
5)
materi
§ Berbagai
Jenis Makan Hewan
§ Menggolongkan
Hewan berdasarkan makanannya
§ Rantai
makanan dan Jaring-jaring makanan
6)
Metode Pembelajaran
§ Model
: cooperative learning
§ Metode
: ceramah, diskusi
7)
Sumber dan Media Pembelajaran
o
Sumber belajar
Sulistyanto, heri & Edy Wiyono. 2008
Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional. Sulistyanto, heri & Edy Wiyono. 2008
Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI
Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
o
Media
Gambar
8)
Kegiatan Pembelajaran
v Kegiatan
Awal
ü Guru
menyiapkan siswa untuk belajar
ü Guru
mengajak siswa berdo’a bersama
ü Menyanyikan
lagu wajib
ü Guru
memberikan motivasi
ü Guru
melakukan absensi
ü Guru
melakukan apersepsi
ü Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
v Kegiatan
Inti
ü guru
membentuk siswa menjadi kelompok
ü guru
memberikan gambar-gambar hewan kepada setiap kelompok
ü guru
meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan gambar yang telah diberi
ü guru
meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
ü siswa menyebutkan hewan-hewan yang memakan tumbuhan
seperti : Sapi, kerbau, kambing, kelinci
ü siswa menyebutkan hewan-hewan yang memakan daging
atau hewan lain seperti : Singa, harimau, Anjing, kucing,
ü siswa
menyebutkan hewan-hewan yang memakan segalanya ( makan hewan atau daging dan
tumbuh-tumbuhan ) seperti : Ayam, bebek, tikus, panda
ü Memberikan
tugas untuk mengelompokan hewan berdasarkan jenis makannya.:
ü guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
ü guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
ü Peserta
didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
ü Guru
menjelaskan tentang rantai makanan
ü Menjelaskan
hubungan antar makluk hidup pada rantai makanan.
ü Guru
memberikan tugas kelompok untuk menentukan hewan yang termasuk produsen,
konsumen I, konsemen II, dll.
ü Siswa
mendiskusikan dengan kelompoknya .
v Kegiatan
penutup
ü Guru
memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran
ü Melakukan
refleksi.
ü Guru
mengajak siswa untuk berdo’a bersama.
9)
Penilaian
·
Teknik Penilaian : Tulisan
·
Bentuk Instrumen : LKS Terlampir
·
Instrument : Terlampir
Mengetahui,
Garut, 01 Juli 2018
Kepala SDN Mulya Jaya
Guru Mata Pelajaran
Tatan Taryana,S.Pd.SD Mira Maryati, M.Pd
Comments
Post a Comment